Rabu, 21 Desember 2011

MATERI WORKSHOP PEMANFAATAN ICT DALAM KBM SMAN 1 KIBIN 2011

Internet dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh guru untuk meningkatkan Efektifitas dan Kualitas pembelajaran. Diantaranya dengan:
  1. Memiliki Akun e-mail Yahoo. cara membuat e-mail Yahoo klik disini. e-mail ini digunakan untuk masuk ke Yahoo Messenger.
  2. Selalu online dengan Yahoo Messenger (klik disini untuk download) Program ini mirip Facebook tapi lebih Private, sehingga kita tidak akan dipusingkan dengan status orang yang tidak kita kehendaki. Program ini dapat digunakan untuk diskusi (chatting), Video Call (telephon Video) gratis, Kirim-kirim file, Kirim SMS ke no GSM dan CDMA yang bekerjasama dengan Yahoo. Sangat cocok untuk Guru seperti: mengirim naskah soal, mengirim daftar nilai ke wali kelas, tukar bahan ajar dll.
  3. Memiliki akun e-mail dari GMAIL (Google) cara membuatnya klik disini.Kelebihan e-mail ini dapat disetting di HP seperti kita menerima SMS. Kelebihan lain yang tidak kalah pentingnya, Gmail menyediakan Tempat Penyimpanan Data gratis sehingga kita dapat menyimpan file penting di Gmail. Tidak seperti di flashdisk yg sering error atau ketinggalan. Data di akun Gmail dapat diakses dari mana saja selama terhubung dengan internet. Untuk menyimpan file di Gmail pilih DOCUMENT pada saat sudah masuk di e-mail gmail.
  4. Memiliki Blog Pribadi di www.blogspot.com / www.wordpress.com / www.multiply.com dll. Tutorial membuat blog di Blogspot.com dapat didownload disini. Blog pribadi ini dapat digunakan untuk mempublikasi nilai, bahan ajar, tugas, dll. sehingga dapat diakses oleh siswa dari mana saja.
  5. Untuk menyimpan file-file yang besar dan banyak, Manfaatkan tempat penyimpanan gratis seperti di www.ziddu.com buat akun disana dan kita dapat mengupload file sesuka hati. kemudian LINK (alamat file di ziddu) di simpan di Blog kita, sehingga pada saat siswa akan download file akan diarahkan ke ziddu (sperti contoh Tutorial membuat Blog diatas, disimpan di Ziddu).
  6. Memaksimalkan Fungsi Website Resmi SMA Negeri 1 Kibin yaitu www.sman1kibin.sch.id dengan cara:
  • Daftarkan e-mail anda ke admin sman1kibin.sch.id (Pak Arif, H. Satiri, H. Beben, Dayat, Juman) sampai mendapat username dan password. username adalah alamat e-mail yang didaftarkan, sedangkan password akan diberitahu oleh admin atau dilihat di e-mail yang dikirim otomatis oleh sistem.
  • buka www.sman1kibin.sch.id dan ketik username: (alamat e-mail) dan password: xxxx dan klik Login.
  • Ubah profil anda, masukkan alamat blog anda, foto, dll.
  • Upload Materi ajar, Materi Uji, Tes Online, dll.
  • Input data nilai.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar